Thursday, September 25, 2014

PSAK 67

Posted by Akuntansi at 10:20 PM
ED PSAK 67:
Pengungkapan Kepentingan dalam Entitas Lain

Perbedaan ED PSAK 67: Pengungkapan Kepentingan dalam EntitasLain dengan pengaturan pengungkapan dalam PSAK 4 (2009): Laporan KeuanganKonsolidasian dan Laporan Keuangan Tersendiri, PSAK 12 (2009): Bagian Partisipasidalam Ventura Bersama, dan PSAK 15 (2009): Investasi pada Entitas Asosiasi.


Perihal
ED PSAK 67 (2013)
PSAK 4 (2009)/PSAK 12 (2009)/ PSAK 15 (2009)
Ruang lingkup
·   Ruang lingkup ED PSAK 67 mencakup entitas yang memiliki kepentingan dalam entitas anak, pengaturan bersama (yaitu operasi bersama atau ventura bersama), entitas asosiasi, entitas terstruktur yang tidak dikonsolidasi.
·   Pengecualian ruang lingkup ED PSAK 67 tidak mencakup ruang lingkup atas program imbalan pascakerja, laporan keuangan tersendiri entitas, kepentingan yang dimiliki oleh entitas yang berpartisipasi dalam pengaturan bersama tetapi tidak memiliki pengendalian bersama, dan kepentingan dalam entitas lain.
·   Ruang lingkup PSAK 4 (2009) hanyamencakup entitas yang berada dalampengendalian suatu entitas indukdan akuntansi untuk investasipada entitas anak, pengendalianbersama entitas, dan entitas asosiasiketika suatu entitas menyajikanlaporan keuangan tersendirisebagai informasi tambahan.
·   Ruang lingkup PSAK 12 (2009)hanya mencakup akuntansi bagianpartisipasi dalam ventura bersamadan pelaporan aset, liabilitas, penghasilandan beban ventura bersamadalam laporan keuangan venturerdan investor, terlepas dari strukturatau bentuk yang mendasari dilakukannyaaktivitas ventura bersama.
·   Ruang lingkup PSAK 15 (2009)hanya mencakup akuntansi investasidalam entitas asosiasi.
Perimbangan& asumsi signifikan
Mensyaratkan entitas untuk mengungkapkaninformasi mengenai pertimbangandan asumsi signifikanyang telah dibuat dalam menentukanbahwa entitas memiliki pengendalianterhadap entitas lain, entitas memilikipengaruh signifikan atas entitas lain,dan juga dalam menetukan jenis pengaturanbersama.

Entitas mengungkapkan, sebagaicontoh, pertimbangan dan asumsisignifikan yang dibuat dalam menentukanbahwa:
(a)   entitas tidak mengendalikan entitaslain meskipun memiliki lebih darisetengah hak suara entitas lain.
(b)   entitas mengendalikan entitas lainmeskipun entitas tersebut memilikikurang dari setengahhak suaraentitas lain.
(c)   entitas adalah agen atau prinsipal
(d)   entitas tidak memiliki pengaruhsignifikan meskipun entitas tersebutmemiliki 20% atau lebih darihak suara entitas lain.
(e)   entitas memiliki pengaruh signifikanmekipun entitas tersebutmemiliki kurang dari 20% haksuara entitas lain.
Pengungkapan dalam laporan keuangankonsolidasian mencakup alasanmengapa kepemilikan (secara langsungmaupun tidak langsung melalui entitasanak) lebih dari setengah kekuasaansuara atau kekuasaan suara potensialatas investee tidak diikuti dengan pengendaliandan apabila sebaliknya
(PSAK 4 (2009)).
Pengungkapan dalam PSAK 15 (2009)mencakup alasan jika investor memilikikurang dari 20% hak suara atau haksuara potensial investee secara langsungatau tidak langsung melalui entitasanak, namun disimpulkan bahwainvestor tersebut memiliki pengaruhsignifikan dan apabila sebaliknya.
Status entitas investasi
Ketika entitas induk menentukanbahwa entitas tersebut adalah entitasinvestasi sesuai dengan PSAK 65: LaporanKeuangan Konsolidasian paragraf27, entitas investasi mengungkapkaninformasi mengenai pertimbangan danasumsi signifikan yang telah dibuatdalam menentukan bahwa entitas indukadalah entitas investasi. Jika entitasinvestasi tidak memiliki satu atau lebihdari karakteristik khusus entitas investasi,maka entitas induk mengungkapkanalasannya dalam menyimpulkan bahwaentitas induk adalah tetap merupakanentitas investasi.
PSAK 4 (2009) tidak mengatur mengenaihal tersebut.
Kepentingan entitasanak
Entitas mengungkapkan informasiyang memungkinkan para penggunalaporan keuangan konsolidasinya untukmemahami komposisi kelompokusaha dan kepentingan yang dimilikioleh kepentingan nonpengendali dalamaktivitas dan arus kas kelompok usahadan juga untuk mengevaluasi sifat danluas pembatasan signifikan atas kemampuanentitas untuk menggunakanaset dan menyelesaikan liabilitas kelompokusaha tersebut, mengevaluasisifat dan perubahan risiko yang terkaitdengan kepentingannya dalam entitasterstruktur yang dikonsolidasi sertamengevaluasi konsekuensi perubahanbagian kepemilikan dan hilangnyapengendalian atas entitas anak.
Pengungkapan dalam laporan keuangankonsolidasian mencakup sifathubungan antara entitas induk dansuatu entitas anak jika entitas induktidak memiliki (secara langsung atautidak langsung melalui entitas anak)lebih dari setengah kekuasaan haksuara (PSAK 4 (2009)).

Ketika laporan keuangan entitas anakyang digunakan dalam penyusunanlaporan keuangan konsolidasian adalahpada tanggal atau untuk periode yangberbeda dari tanggal dan periode laporankeuangan tersebut, maka entitasmengungkapkan tanggal akhir dariperiode pelaporan laporan keuanganentitas anak dan alasan untuk menggunakantanggal atau periode yangberbeda.
Entitas mengungkapkan akhir periodepelaporan dari laporan keuanganentitas anak jika laporan keuangantersebut digunakan untuk menyusunlaporan keuangan konsolidasian dantanggal atau periode berbeda daritanggal laporankeuangan entitas
induk, dan alasan menggunakan tanggalatau periode yang berbeda (PSAK4 (2009)).
Kepentingan yangdimilikioleh kepentingannonpengendali dalamaktivitas dan arus kaskelompok usaha
Untuk entitas anaknya manapun yangmemiliki kepentingan nonpengendaliyang bersifat material bagi entitas pelapor,entitas mengungkapkan namaentitas anak, lokasi utama kegiatanusaha, proporsi bagian kepemilikanyang dimiliki oleh kepentingan nonpengendaliproporsi hak suara yangdimiliki oleh kepentingan nonpengendali,laba atau rugi yang dialokasikankepada kepentingan nonpengendali,akumulasi kepentingannonpengendali,ringkasan informasi keuanganmengenai entitas anak.
PSAK 4 (2009) tidak mengatur mengenaihal tersebut.
Sifat dan luas pembatasan signifikan
Atas kemampuannya untuk menggunakanaset dan menyelesaikan liabilitaskelompok usaha, entitas mengungkapkanpembatasan signifikan untukkemampuan tersebut, sifat dan luasyang mana hak protektif kepentingannonpengendalidapat membatasi kemampuantersebut dan jumlah tercatatdalam laporan keuangan konsolidasiatas aset dan liabilitas yang terkenapembatasan.
Pengungkapan dalam laporan keuangankonsolidasian mencakupsifatdan luas setiap restriksi signifikan(misalnya akibat dari pengaturan pinjamanyang diterima atau persyaratanregulator) dalam kemampuan entitasanak untuk mentransfer dana ke entitasinduk dalam bentuk deviden tunai,atau pembayaran kembali pinjamanatau uang muka (PSAK 4 (2009)).
Sifat dari risiko yangterkait dengankepentinganentitas dalamentitasterstruktur yangdikonsolidasi
ED PSAK 67 mengatur tentangpengungkapan yang terkait denganpemberian dukungan keuangan ataudukungan lainya dari entitas indukatau entitas anak kepada entitas terstrukturyang dikonsolidasi atau yangtidak dikonsolidasi.
PSAK 4 (2009) tidak mengatur mengenaihal tersebut.
Konsekuensi perubahanbagian kepemilikanentitas induk dalamentitas anak yang tidakmengakibatkanhilangnyapengendalian
Entitas menyajikan skedul yangmenunjukkan pengaruh pada ekuitasyang dapat diatribusikan kepadapemilik entitas induk dari perubahanapapun dalam bagian kepemilikanyadalam entitas anak yang tidak mengakibatkanhilangnya pengendalian.
Pengungkapan dalam laporan keuangankonsolidasian mencakup suaturincian yang menunjukan dampaksetiap perubahan bagian kepemilikanentitas induk pada entitas anakyang tidak mengakibatkan hilangnyapengendalian atas ekuitas yang dapatdiatribusikan pada pemilik entitas induk(PSAK 4 (2009)).
Konsekuensi hilangnyapengendalian atasentitasanak selamaperiodepelaporan

Entitas mengungkapkan keuntunganatau kerugian, jika ada, yang dihitungsesuai dengan ED PSAK 65: LaporanKeuangan Konsolidasian, dan porsidari keuntungan atau kerugian yangdapat diatribusikan untuk mengukurinvestasi apapun yang tersisa dalamentitas anak sebelumnya pada nilaiwajarnya saat hilangnya pengendalianserta pos dalam laba atau rugi ketikakeuntungan atau kerugian diakui.
Jika pengendalian atas entitas anakhilang, maka entitas induk mengungkapkankeuntungan atau kerugian(jika ada) dan porsi dari keuntunganatau kerugian yang dapat diatribusikanpada pengakuan sisa investasi pada entitasanak terdahulu dengan nilai wajarpada tanggal hilangnya pengendalian,dan pos keuntungan atau kerugianyang diakui dalam laporan laba rugikomprehensif (jika tidak disajikan secaraterpisah dalam laporan laba rugikomprehensif) (PSAK 4 (2009)).
Kepentingan dalamentitas anak yang tidakdikonsolidasi (EntitasInvestasi)
Entitas investasi yang sesuai denganED PSAK 65: Laporan KeuanganKonsolidasian, disyaratkan untukmenerapkan pengecualian terhadapkonsolidasi dan sebaliknya mencatatinvestasinya dalam entitas anak padanilai wajar melalui laba rugi harusmengungkapkan fakta tersebut.
PSAK 4 (2009) tidak mengatur mengenaihal tersebut
Kepentingan dalampengaturan bersamadan entitas asosiasi
ED PSAK 67 mensyaratkan entitasmengungkapkan informasi untukmengevaluasi sifat, luas dan dampakkeuangan dari kepentingannya dalampengaturan bersama dan entitas asosiasiserta sifat dan perubahanrisiko
yang terkait dengan kepentingannyadalam ventura bersama dan entitasasosiasi.
Atas investasi pada entitas asosiasi,entitas mengungkapkan:
·   Nilai wajar investasi pada entitasasosiasi yang tersedia kuotasi hargapublikasian.
·   Ringkasan informasi keuanganentitas asosiasi, termasuk jumlahagregat aset, liabilitas, pendapatan,dan laba rugi
·   Ringkasan informasi keuanganentitas asosiasi, secara individualatau dalam kelompok, yang tidakdicatat dengan menggunakan metodeekuitas, termasuk jumalahtotal aset, liabilitas, pendapatan,dan laba rugi
·   Bagian investor atas perubahanyang diakui dalam pendapatankomprehensif lain.
·   Bagian investor atas laba rugi entitasasosiasi dan jumlah tercatatinvestasi diungkapkan secara terpisah.
·   Bagian investor dari setiap operasiyang dihentikan dari entitas asosiasidiungkapkan secara terpisah (PSAK15 (2009)).
Sifat, luas dan dampakkeuangan darikepentinganentitas dalampengaturan bersamadan entitas asosiasi.
Untuk setiap pengaturan bersama danentitas asosiasi yang material bagi entitaspelapor, entitas mengungkapkan:nama pengaturan bersama atau entitasasosiasi, sifat dan hubungan entitasdengan pengaturan bersama atauentitas asosiasi, lokasi utama kegiatanusaha, dan proporsi bagian kepentinganyang dimiliki oleh entitas,jika berbeda.
Venturer mengungkapkan:
-   daftar dan penjelasan bagian partisipasidalam ventura bersama yangsignifikan dan bagian partisipasikepemilikan dalam pengendalianbersama entitas.
-   jumlah agregat dari komitmenmodal venturer yang terkait denganbagian partisipasinya dalam venturabersama dan bagiannya dalam setiapkomitmen modal yang telah terjadisecara bersama dengan venturer laindan bagiannya atas komitmen modaldari ventura bersama itu sendiri(secara terpisah) (PSAK 12 (2009))

Entitas juga mengungkapkan sifat danluas pembatasan signifikan apapunpada kemampuan ventura bersamaatau entitas asosiasi untuk mengalihkandana kepada entitas dalam bentukdividen tunai, atau untuk melunasipinjaman atau uang muka entitas.
Atas investasi pada entitas asosiasi,entitas mengungkapkan sifat dantingkatan setiap pembatasan signifikan(misalnya hasil dari pengaturan pinjamanyang diterima atau persyaratanregulator) atas kemampuan entitasasosiasi untuk mentransfer dana kepadainvestor dalam bentuk dividen tunai,atau pembayaran kembali pinjamanyang diberikan atau uang muka (PSAK15 (2009)).

Ketika laporan keuangan ventura bersamaatau entitas asosiasi digunakandalam menerapkan metode ekuitasmenggunakan tanggal atau periodeyang berbeda dengan entitasnya, entitas
mengungkapkan: tanggal akhir dariperiode pelaporanlaporan keuanganventura bersama dan entitas asosiasidan alasan menggunakan tanggal atauperiode yang berbeda.
Atas investasi pada entitas asosiasi,entitas mengungkapkan akhir periodepelaporan dari laporan keuangan entitasasosiasi, ketika laporan keuangantersebut digunakan dalam menerapkanmetode ekuitas dan tanggal atau periodeyang berbeda dengan investor,dan alasan menggunakan tanggalatau periode yang berbeda (PSAK15 (2009)).

Entitas juga mengungkapkan bagiankerugian yang belum diakui dariventura bersama dan entitas asosiasi,baik untuk periode pelaporan
Dansecara kumulatif, jika entitas tidaklagi mengakui bagian kerugiannya dariventura bersama dan entitas asosiasiketika menerapkan
metode ekuitas.
Atas investasi pada entitas asosiasi,entitas mengungkapkan bagian rugientitas asosiasi yang tidak diakui, baikuntuk periode terjadinya kerugiantersebut maupun secara kumulatif,jika investor menghentikan pengakuanbagiannya atas rugi entitas asosiasi.(PSAK 15 (2009)).
Risiko terkait dengankepentingan entitasdalamventura bersamadan entitas asosiasi.
Entitas mengungkapkan komitmenbahwa entitas telah terkait denganventura bersamanya secara terpisahdari jumlah komitmen lain dan mengungkapkanliabilitas kontijensi yangterjadi terkait dengankepentingannyadalam ventura bersama atau entitasasosiasi.
Sesuai dengan PSAK 57: Provisi,Liabilitas Kontinjensi, dan Aset Kontinjensi,investor mengungkapkan bagiannyaatas liabilitas kontinjensi entitasasosiasi yang terjadi bersama-samadengan investor lain, dan liabilitaskontinjensi yang timbul karena investorberkewajiban bersama-sama untuksemua atau sebagian liabilitas entitasasosiasi (PSAK 15 (2009)).

Venturer mengungkapkan jumlahagregat dari setiap liabilitas kontinjensiyang ditanggung oleh venturer terkaitdengan bagian partisipasinya dalamventura bersama dan bagiannya dalamsetiap liabilitas kontinjensi yang telahterjadi secara bersama dengan venturerlain, bagian venturer atas liabilitaskontinjensi dari ventura bersamaitu sendiri dimana ventura bersamatersebut terutang secara kontinjen,dan liabilitas kontinjensi yang timbulakibat venturer terutang secara kontinjenuntuk liabilitas venturer lain dariventura bersama (PSAK 12 (2009)).
Kepentingan dalamentitas terstruktur yangtidak dikonsolidasi
Entitas mengungkapkan informasiyang memungkinkan pengguna laporankeuangannya untuk memahamisifat dan luas dari kepentingannyadalam entitas terstruktur yang tidakdikonsolidasi dan untuk mengevaluasisidatdan perubahan risiko yang terkaitdengan kepentingannyadalam entitasterstruktur yang tidak dikonsolidasi.
PSAK 4 (2009), PSAK 12 (2009),PSAK 15 (2009) tidak mengaturmengenai hal tersebut.
Sifat kepentingan
Entitas mengungkapkan informasikuantitatif dan kualitatif mengenai kepentingannyadalam entitas terstrukturyang tidak dikonsolidasi, mencakup,namun tidak terbatas pada, sifat,tujuan, ukuran dan aktivitas entitasterstruktur tersebut dan bagaimanaentitas terstruktur didanai.
PSAK 4 (2009), PSAK 12 (2009), PSAK15 (2009) tidak mengatur mengenaihal tersebut.
Sifat risiko
ED PSAK 67 mensyaratkan entitasuntuk mengungkapkan ringkasan daripos dalam laporan posisi keuangan(aset dan liabilitas) yang diakui dalamlaporan keuangan entitas yang terkaitdengan kepentingannya dalam entitasterstruktur yang tidak dikonsolidasi.
PSAK 4 (2009), PSAK 12 (2009), PSAK15 (2009) tidak mengatur mengenaihal tersebut.

0 comments:

Post a Comment

 

Welcome Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review