Thursday, September 25, 2014

Tugas Audit

Posted by Akuntansi at 10:19 PM
1.Beberapa teknik wawancara yag dapat digunakan internal auditor:

1.      Perhatian (atensi). Perhatian berarti memberikan konsentrasi penuh dan selalu mendengarkan dengan baik pada yang dikatakan oleh pelamar. Tidak ada gunanya mengajukan pertanyaan hanya untuk sekedar bertanya saja dan informasi yang dicari tidak disarikan dari jawaban-jawaban yagn diberikan oleh calon.
  1. Mengaktifkan (to activate). Selama wawancara berlangsung, pewawancara harus mampu “menyuruh” atau memaksa pelamar untuk berbicara sebanyak-banyaknya dan tidak sebaliknya. Caranya ialah dengan menghindarkan pertanyaan yang bisa dijawab, “ya” atau “tidak”, dan menghindari jenis pertanyaan “tertutup” (Closed Question) yagn bisa dijawab dengan jawaban-jawaban singkat (“Betul begitu”, “Tentu saja”, dll). Gunakanlah pertanyaan “terbuka” (Open Question) yaitu pertanyaan-pertanyaan yang mau tidak mau harus dijawab dengan penjelasan cukup panjang atau uraian yang merupakan pendapat pelamar. Pertanyaan-pertanyaan seperti itu (open) bisanya dimulai dengan:
“ Mengapa Saudara ......................?
“ Bagaimana cara Saudara ................?
“ Bagaimana kalau Saudara ............................................?
“ Coba Saudara jelaskan ............................................................?
“ Apa sebabnya ..........................................................?
Dsb.

3.      . Struktur Wawancara. Supaya efektif dan efisien, wawancara hendaknya memakai struktur yang baik artinya dilakukan dengan mengikuti format (urutan acara) tertentu. Format ini biasanya adalah:
a.       Pembukaan. Pada kesempatan ini pewawancara menjelaskansecara ringkas tentang tujuan wawancara, pekerjaan itu sendiri, tentang perusahaan, dll.
b.      Bagian utama wawancara. Urutannya sebagai berikut:
         Tentang pelamar sendiri. Tujuannya untuk mendapat informasi mengenai hal hal yang belum jelas dalam formulir lamaran atau untuk mengecek kebenaran dari yang disajikan dalam surat lamaran dan riwayat hidup yang disampaikan pelamar.
         Tentang pekerjaan-pekerjaan yagn telah dilakukannya. Mulai dengan pekerjaannya yang sekarang/ yagn terakhir: jabatan apa yang telah didudukinya, apa keberhasilan yang dicapainya, apa yang menyenangkan dari pekerjaan itu, dan sebaliknya.
         Tentang pekerjaan yang dilamarnya. Apa penyebab ia melamar? Mengapa ia tertarik? Apa buktinya bahwa ia akan mampu melaksanakan tugas dan tanggung jawab dari jabatan itu?
         Kesempatan bertanya bagi pelamar. Bagian terakhir ini adalah giliran bagi pelamar untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang hal-hal yang ingin diketahuinya.


2. Pemeriksaan auditor yang dapat mengurangi biaya :

1.   Adanya pembatasan jam lembur bagi karyawan yang melakukan kerja lembur, yang di otorisasi oleh manager/supervisor/korrdinator staf tersebut.
2. Pembelian ATK/RTK sesuai dengan kebutuhan atau disesuaikan dengan budget masing-masing divisi di suatu perusahaan.
3. Sistem reimbursement yang teratur agar tidak semua dapat dilakukan reimburst.
4. Penggunaan fasiltas listrik,air dan telp kantor agar dibatasi penggunaannya.
5. Biaya promosi/iklan agar disesuaikan dengan kebutuhan yang lebih penting dahulu

0 comments:

Post a Comment

 

Welcome Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review