Saturday, September 20, 2014

Dinamika Organisasi Internasional

Posted by Akuntansi at 12:11 AM

Hubungan antara Organisasi Internasional dan Bisnis Internasional

Adalah penting bagi orang-orang yang terlibat dalam bisnis International untuk memahami dampak organisasi internasional atas dunia usaha dan para pelaku bisnis diseluruh dunia. Tidak lagi cukup bagi seseorang pelaku bisnis untuk memahami lingkungan politik dan hukum dinegaranya sendiri tapi juga penting untuk memahami lingkungan politik dan hukum diseluruh dunia.
I.         Perserikatan Bangsa-Bangsa
Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Organisasi internasional dengan 1991 negara-anggota yang didesikasikan untuk meningkatkan perdamaian; juga mempunyai banyak fungsi yang berhubungan dengan bisnis.
Pertumbuhan dan Perubahan PBB
Semua negara PBB merupakan anggota-anggota Majelis Umum, dimana setiap negara memiliki satu suara dengan mengabaikan ukuran, tingkat kemakmuran, maupun kekuatannya. Majelis Umum bertindak dengan mengadopsi resolusi-resolusi untuk dapat mengungkapkan kehendak negara-negara anggota. Keputusan atas permasalahan penting, seperti yang menyangkut perdamaian dan keamanan, penerimaan negara-negara anggota baru, masalah anggaran, memerlukan suatu mayoritas dua pertiga, sedang keputusan mengenai berbagai hal lainnya memerlukan mayoritas sederhana.
Organ utama PBB yang utama adalah Dewan Keamanan, yang terdiri atas 15 anggota_5 anggota yang tetap dan yang 10 anggota tidak tetap. Kelima anggota tetap_Cina, Prancis, Rusia, Inggris, dan Amerika Serikat_masing-masing punya kekuatan untuk memveto sesuatu tindakan. Ke-10 tidak tetap dipilih oleh Majelis Umum untuk masa dua tahun. Sebanyak lima anggota tidak tetap selalu datang dari Afrika dan Asia, satu dari Eropa Timur, dua Amerika Latin, dan dua sisanya dari Eropa Barat dan kawasan-kawasan lain.
Dewan Ekonomi dan Sosial (Economic and Social Countil_ECOSOC) menangani masalah ekonomi, seperti perdagangan, pengangkutan, industrialisasi, dan pembangunan ekonomi; dan masalah sosial, mencakup pertumbuhan penduduk, anak-anak, perumahan, hak-hak perempuan, diskriminasi rasial, obat-obatan terlarang, kejahatan, kesejahteraan sosial, pemuda, lingkungan hidup, dan makanan.
Mahkamah Internasional (International Court of Justice_ICJ) juga disebut Mahkamah Dunia. Mahkamah Internasional memberikan keputusan-keputusan yang menyangkut perselisihan diantara pemerintah nasional. Lembaga ini didirikan untuk menyelesaikan perselisihan antar negara berdaulat, bukan antar individu. Oleh karena itu hanya negara yang mungkin menjadi para pihak dalam proses pengadilan didepan mahkamah itu. Pemerintah dapat, dan sering juga, campur tangan atas nama para pihak pribadi seperti korporasi dan individu di negara-negara mereka.
Sekretariat, yang dipimpin oleh Sekretaris Jenderal, adalah staf PBB. Ia melaksanakan fungsi administratif sehari-hari dan bermarkas besar di kota New York meskipun mempunyai kantor-kantor di berbagai kota lain di seluruh dunia. Sekretariat melayani organ-organ utama lain dan mengurus kebijakan dan program PBB. Sekretaris Jenderal, yang ditugaskan oleh Majelis Umum atas rekomendasi Dewan Keamanan untuk masa lima tahun dan dapat diperbarui, menyelia Sekretariat tersebut.

II.        Bank Dunia dan Bank Pembangunan Multilateral Lainnya.
Bank pembangunan multilateral .
Institusi peminjaman internasional yang bekerja terutama dengan negara-negara berkembang untuk meningkatkan kemajuan ekonomi dan sosial.
Bank Pembangunan Multilateral menyediakan pembiayaan untuk kegiatan pembangunan melalui beberapa jenis fasilitas keuangan:
a.    Pinjaman jangka panjang, yang didasarkan pada tingkat bunga pasar. Bank meminjam pada pasar modal internasional untuk mendanai pinjaman ini dan meminjamkan kembali kepada pemerintah di negara-negara berkembang.
b.    Pinjaman jangka sangat panjang (sering diistilahkan kredit), yang merupakan pinjaman dengan suku bangsa yang sangat jauh di bawah tingkat bunga pasar. Fasilitas ini dibiayai melalui kontribusi langsung dari pemerintah di negara-negara donor.
c.    Dana hibah, kebanyakan untuk bantuan teknis, jasa konsultasi, atau persiapan proyek.

Bank Dunia
Bank Internasional untuk Rekontruksi dan Pembangunan (International Bank for Reconstruction and Development_IBRD) biasanya disebut dalam publikasi mereka sendiri dan di mana pun sebagai Bank Dunia. Kelompok Bank Dunia terdiri atas bank itu sendiri, International Finance Corporation (IFC), International Development Association (IDA), Multilateral Investment Guarantee Agency (MIGA), dan International Center for Settlement of Investment Disputes (ICSID). Bank Dunia adalah sumber bantuan pembangunan terbesar di dunia, menyediakan hampir $16 miliar pinjaman setahun kepada negara-negara kliennya. Sebagian besar kredit atau pinjaman kelompok di berikan kepada negara-negara berkembang. Anda dapat memperoleh informasi lebih lanjut mengenai Bank Dunia pada www.worldbank.org.
Perusahaan Keuangan Internasional (Internatioanal Finance Corporation_IFC)
Lebih Menyukai Usaha Patungan
Kebijakan IFC adalah lebih menyukai usaha patungan yang memiliki sebagian modal lokal yang terikat pada awalnya atau sekurang-kurangnya ada kemungkinan modal lokal terlibat dalam waktu tertentu yang dapat ditentukan di masa depan.
Asosiasi Pembangunan Internasional (International Development Association_IDA)
IDA adalah bagian pinjaman lunak (atau kredit sebagaimana pinjaman IDA disebut) dari Bank Dunia. Meskipun sama-sama menggunakan staf administratif bank dan memberikan kredit bagi proyek-proyek yang mencakup jenis proyek yang sama di negara berkembang seperti pinjaman-pinjaman Bank, pinjaman-pinjaman lunaknya berbeda dari pinjaman-pinjaman keras Bank dalam beberapa hal penting. Pinjamaan-pinjaman ini memiliki jatuh tempo 15 sampai 25 tahun dari Bank. IDA dapat memberikan masa tenggang (grace periods) 10 tahun sebelum pembayaran kembali pinjaman pokok dan bunga dimulai, sementara masa tenggang Bank Dunia tidak lebih dari 5 tahun. Sebagaimana terlihat dari perbedaan-perbedaan ini, para peminjam dari IDA, adalah yang termiskin di antara negara-negara kurang maju yang miskin, yang memerlukan kredit untuk pembangunan proyek-proyek tetapi tidak dapat memikul beban atas perekonomian atau posisi cadangan valuta asingnya yang dapat diakibatkan oleh pinjaman-pinjaman dengan persyaratan komersial yang normal. Penentuan negara mana yang memenuhi syarat sebagai cukup miskin bagi kredit-kredit IDA adalah berdasarkan pendapatan per kapita.
Multilateral Investment Guarantee Agancy (MIGA)
Lembaga Jaminan Investasi Multilateral (Multilateral Investment Guarantee Agency_MIGA) dibentuk tahun 1988 untuk mendorong investasi asing. Lembaga ini menyediakan jaminan kepada investor asing terhadap kerugian yang disebabkan oleh risiko-risiko bukan komersial dari negara berkembang, sehingga menciptakan peluang investasi. MIGA juga menyediakan jasa pengembangan kemampuan dan konsultasi untuk membantu negara-negara menarik investasi langsung asing dan menyebarluaskan informasi tentang peluang investasi. MIGA mengeluarkan kontrak pertamanya pada tahun1990, ketika mempunyai 46 negara anggota. Jumlah anggotanya sekarang 152 negara. Sejak pendiriannya, MIGA telah meningkatkan plafonnya per proyek dan per negara, memperluas reasuransi konstruktifnya dan hubungan asuransi bersamanya dengan lembaga asuransi risiko politis lainnya, mengefektifkan proses bisnis jaminan internalnya, dan memperluas usaha pemasarannya untuk menjangkau dan melayani investor dari negara berkembang lebih baik. Mulai sejak 1 Januari 2000, MIGA telah mengeluarkan lebih dari 420 kontrak kepada investor swasta untuk proyek-proyek di sekitar 70 negara berkembang, dan memfasilitasi lebih dari AS$30 miliar investasi swasta.
International Center for Settlement of Investment Disputes (ICSID)
Pusat Penyelesaian Sengketa Investasi Internasional (Internatioanal Center for Settlement of Investment Disputes_ICSID) menyediakan fasilitas untuk penyelesaian melalui pemufakatan atau arbitrase atas perselisihan investasi antara investor asing dan negara tuan rumah. ICSID yang didirikan tahun 1966 sekarang mempunyai 131 negara anggota.ICSID mempunyai bentuk sidang-sidang tertentu, temasuk sidang untuk penyelesaian perselisihan investasi yang terjadi antara para pihak yang bukan negara anggota atau yang berkebangsaan negara anggota. Di bawah konvensi ICSID, sidang ICSID tidak belaku diadakan di markas besar pusat di Wasington, DC. Para pihak sengketanya akan diselesaikan oleh ICSID bebas untuk bersepakat melakukan sidang mereka di tempat lain. ICSID mempunyai persetujuan dengan Badan Arbitrase Tetap (Permanent Court of Artibration) di Den Haag, pusat Arbitrase Regional Komite Konsultasi Hukum Asia-Afrika (Regional Arbitration Centers of the Asian-African Legal Consultive Committee) di Kairo dan Kuala Lumpur, pusat Arbutrase komersial Internasional Australia (Australian Centers for International Commercial Arbitration) di Melbuorne, Pusat Perselisihan Komersial Australia (Australian Commercial Disputes Center) di Sidney, Pusat Arbitrase Internasional Singapure (Singapure International Arbitration Center), dan Pusat A         rbitrase Komersial (Commercial Arbitration Center) di Bahrain. Banyaknya kasus yang disampaikan kepada Pusat telah meningkat dengan signitifikan belakangan ini.
Bank Pembangunan Afrika (African Development Bank_AFDB)
AFDB telah menurunkan presentase pinjaman yang diberikannya kepada pemerintah karena salah kelola (mismanagement) sektor publik dan meningkatkan presentase kepada perusahaan-perusahaan swasta, yang sebagian letah diprivatisasi akhir-akhir ini dari milik pemerintah. Bank itu juga sedang menyalurkan lebih banyak uang ke dua kategori sumber manusia yang paling vital di Afrika, yang pada masa lalu sangat diabaikan. Mereka adalah wanita pedesaan yang menghasilkan lebih dari dua pertiga bahan makanan Afrika, dan para pengusaha bisnis kecil yang menjaga banyak perekonomian nasional untuk tetap bertahan dengan perdagangan pasar informal mereka.
Bank Eropa untuk Rekonstruksi dan Pembangunan (European Bank for Reconstruction and Development_EBRD)
Bank ini yang dikenal dengan singkatan EBRD, didirikan pada tahun 1990 untuk membantu negara-negara bekas Uni Soviet dan negara-negara satelit Eropa Timurnya dahulu. Ada 60 pemegang saham: 58 pemerintah ditambah Uni Eropa dan Bank Investasi Eropa (European Investment Bank).
Bank Pembangunan Antar-Amerika (Inter-American Development Bank_IDB)
IDB mendanai proyek-proyek di Amerika Latin dan Karibia untuk pembangunan sosial dan ekonomi seperti pembangunan jalan, memasang jaringan listrik, mengoperasikan klinik-klinik kesehatan, menyediakan air minum yang aman, dan mendorong usaha skala kecil dan menengah,. Proyek-proyek yang dibiayai oleh IDB menumbuhkan peluang-peluang bisnis yang cukup besar. Lebih dari 3.500 kontrak diberikan tiap tahun untuk beraneka ragam barang-barang, pekerjaan umum, dan jasa konsultan.
III.        Dana Moneter Internasional (International Monotery Fund_IMF)
Walaupun IMF semata-mata berurusan dengan pemerintah, kebijakan dan tindakannya berdampak besar atas dunia usaha di seluruh dunia. IMF telah menjadi jauh lebih baik terlihat di tahun-tahun terakhir ketika kebijakan dan tindakannya secara rutin membuat berita utama dunia. Informasi tentang IMF dapat ditemukan pada situs Web-nya, www.imf.org.
Pasal-pasal persetujuan IMF diadopsi pada konferensi Bretton Woods tahun 1944. Secara umum, tujuan-tujuan IMF sejak waktu itu sampai sekarang adalah untuk membantu perkembangan (1) tertib pengaturan devisa, (2) mata uang yang konvertibel, (3) mempersingkat masa dan mengurangi derajat ketidakseimbangan neraca pembayaran. Asumsi dasar IMF adalah bahwa kepentingan bersama semua bangsa dalam suatu sistem moneter internasional yang dapat dilaksanakan jauh melebihi kepentingan-kepentingan nasional yang saling bertentangan. Sebuah sasaran asli IMF, yang telah ditinggalkan, adalah menjaga kurs tetap antara mata uang negara-negara anggota, dengan nilai nominal dikaitkan dengan dolar AS yang dinilai dengan $35 per ons emas.
Tiap-tap negara anggota memiliki kuota yang sama besarnya dengan jumlah iurannya kepada IMF. Pemungutan suara pada pertemuan-pertemuan IMF diberi bobot menurut besarnya kuota dan jumlah yang dapat ditarik anggota dikaitkan dengan kuotanya. Sebagai contoh, Amerika Serikat mempunyai 17,47 persen dari total tersebut. IMF dibentuk sebelum perserikatan Bangsa-Bangsa, dan ketika PBB dibentuk, IMF memiliki hubungan dengan PBB. Hubungan ini memelihara independensi IMF, yang diperlukan karena adanya kebutuhan untuk kontrol independen atas manajemen moneter. Kebutuhan ini timbul dari kecenderungan pemerintah untuk mengeluarkan dana terlalu banyak dan menyebabkan inflasi.
Perubahan-perubahan dalam IMF
Pada tahun 1970-an dan 1980-an, ada beberapa perubahan mendasar dalam kegiatan dan peran IMF. Seperti dinyatakan diatas, IMF telah melepaskan tujuan mempertahankan sistem kurs tetap. Lebih tepatnya, kewajiban mempertahankan sistem demikian tetap berada dalam Articles of Agreement (pasal-pasal kesepakatna), tetapi IMF tidak berdaya untuk menegakkannya dalam menghadapi situasi dimana nilai semua mata uang utama mengembang, dan bukannya tetap nilainya. Melihat kenyataan, maka pasal-pasal itu diamandemen untuk mengesahkan praktik yang sebenarnya berlaku, yaitu kurs mengembang.
Kekuatan yang Lebih Besar untuk IMF?
Pasal-pasal yang diamandemen itu juga mencakup Pasal IV. yang antara lain memberi wewenang kepada IMF untuk”melakukan pengamatan ketat (firm surveillance) atas kebijakan kurs” para anggota. Beberapa pengamat merasa bahwa kewenangan atas pengamat yang baru ini memperkenalkan IMF untuk bergerak menuju posisi di dunia yang diduduki oleh bank-bank sentral secara nasional. Hal itu tentu saja akan meminta negara-negara anggota menyerahkan banyak kedaulatannya yang akan ditolak keras oleh banyak pemerintah.
   IMF memenuhi kewajiban pengamatan dengan dua cara pokok: pertama, dewan gubernurnya secara teratur memeriksa dengan seksama kebijakan ekonomi dan kinerja tiap-tiap anggota dan interaksi kebijakan itu dengan pembangunan ekonomi di negara-negara lain. Kedua, dewan mengadakan pembahasan reguler atas prospek ekonomi dunia dan diskusi periodik mengenai perkembangan kurs di negara-negara industri besar.
   IMF memberikan sumbangan dalam koordinasi kebijakan di antara negara-negara industri besar melalui  hasil karya tentang indikator-indikator ekonomi dan wawasan ekonomi jangka menengah. Negara-negara industri besar itu (Kanada, Prancis, Jerman,Italia, Jepang,Inggris dan Amerika Serikat) kadang-kadang disebut Kelompok Tujuh (G7), dan direktur pengelola IMF mengambil bagian dalam pertemuan-pertemuan kelompok itu. Selain para anggota G7, ada 177 negara anggota IMF lainnya, Sehingga berjumlah 184. G7 bertemu secara berkala untuk mendiskusikan masalah ekonomi yang penting artinya bagi seluruh dunia. Di samping itu, kepala-kepala negara G7 bertemu setiap tahun. Ketika pertemuan-pertemuan G7 dimulai pada tahun 1970-an, pertemuan tersebut tidak begitu menarik perhatian. Namun di tahun-tahun terakhir, pertemuan-pertemuannya menarik perhatian yang sangat besar, terutama dari orang-orang yang ingin memprotes keberadaan pertemuan-pertemuan itu. Akibatnya, negara-negara tuan rumah mengambil tindakan-tindakan yang luar biasa untuk menjamin keamanan pada pertemuan-pertemuan tersebut.

IV.        Bank for International Settlements (BIS)
Menara bundar BIS adalah landmark pertama di Basel, Swiss bagi siapa saja yang meninggalkan stasiun kereta api utama dan menuju pusat kota. Akan tetapi, tidak ada tanda yang menunjukkan “BIS” karena BIS adalah lembaga keuangan yang paling berhati-hati di dunia. BIS merupakan tempat dimana para pejabat bank sentral negara-negara industri besar bertemu sepuluh kali setahun untuk membahas sistem keuangan global. BIS adalah suatu organisasi internasional yang membantu pengembangan kerja sama antar bank sentral dan lembaga keuangan internasional. BIS berurusan dengan pemerintah dan badan pemerintah; tidak menerima deposito dari atau menyediakan jasa keuangan untuk individu pribadi atau korporasi.
Selain memberikan sebuah tempat pertemuan yang nyaman dan rahasia untuk para pejabat bank sentral, BIS memberikan perlindungan yang aman dan tanpa nama bagi negara-negara pemegang saham ketika mentransfer jumlah-jumlah besar mata uang atau emas diantara mereka sendiri. Ketika mereka melakukan hal ini melalui BIS, para pedagang uang dan emas mungkin tidak dapat mengetahui identitas para pembeli dan penjual yang sebenarnya.
BIS mempunyai empat fungsi pokok. Ia bertindak sebagai:
1)    Forum untuk kerja sama moneter Internasional. Fungsi forum tersebut terbukti dari alinea sebelumnya.
2)    Pusat penelitian. BIS menerbitkan serial kertas kerja di bidang penelitian ekonomi terapan. Barangkali publikasi yang paling dikenal adalah laporan tahunan (Annual report) BIS, yang terbit pada bulan Juni tiap tahun. Jenis penelitian lainnya adalah “International Banking and Financial Market Development”. Laporan ini menunjukkan penerimaan risiko pasar obligasi yang lebih besar oleh investor dan pertumbuhan popularitas struktur dengan dukungan aset yang mengemas kembali aset-aset finansial dan aliran kas berkisar dari pinjaman bank sampai leasing pesawat terbang.
3)    Bankir untuk bank-bank sentral. Sekitar 80 bank sentral pemerintah nasional dari seluruh dunia memiliki deposito pada BIS. Untuk menempatkan dana surplus di dalam pasar-pasar internasional, BIS adakalanya menyediakan sumber-sumber liquid bagi bank-bank sentral. Bridge loan dan jenis peminjaman yang lebih tradisional adalah jasa-jasa perbankan yang diberikan oleh BIS.
4)    Agen atau pengawas mengenai berbagai perjanjian keuangan internasional. Sebagai  sebuah agen dan pengawas, BIS membukukan dan menyelesaikan saldo yang timbul dari intervensi pasar pertukaran uang oleh bank-bank sentral Uni Eropa, terkait dengan peraturan siatem moneter Eropa (European mOnetary System _EMS). Secara resmi BIS adalah Agen untuk Dana Kerja sama Monoter Eropa (European Monotery Co-operation Fund), yang menyimpan 20% cadangan emas dan dolar negara-negara Uni Eropa.

V.        World Trade Organization (WTO)
Organisasi Perdagangan Dunia (World Trade Organization_WTO) adalah sebuah organisasi multinasional yang dirancang untuk mengurus peraturan perdagangan antar negara. WTO berfungsi sesuai dengan persetujuan intinya, yang telah dirundingkan, ditandatangani, dan disahkan oleh kebanyakan dari negara-negara berdagang di dunia. Tujuannya Adalah untuk membantu produsen barang-barang dan jasa, eksportir, daan importir melakukan bisnis mereka dengan mengurangi atau meghapuskan penghalang perdagangan dan pembatasan di seluruh dunia. Markas besar WTO berada di Jenewa, Swiss. Organisasi ini sekarang mejadi 144 anggota, termasuk cina, yang bergabung dalam tahun 2001. Istilah “perekonomian” sering digunakan sebagai ganti negara untuk menjelaskan anggota WTO sebab tidak semua anggota merupakan sebuah negara. Hong Kong, misalnya, adalah suatu wilayah administratif khusus Cina, namun mempertahankan keanggotaan WTO yang terpisah.
Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC)
Menyadari bahwa apabila negara-negara pengekspor minyak telah bersatu mereka dapat melakukan tawar menawar lebih efektif dengan perusahaan-perusahaan minyak besar, Iran dan Venezuela bergabung dalam kongres Minyak Arab (Arab Petroleum Congress) dalam suatu pertemuan Kairo tahun 1959. Pembahasan dan persetujuan rahasia pada pertemuan itu telah menjadi benih bagi organisasi negara-negara pengekspor Minyak (Organization of Petroleum Exporting Countries).Diantara kesebelasan negara OPEC kebanyakan adalah di Timur Tengah (Iran, Irak, Kuwait, Qatar, Saudi Arabia, persatuan Emirat Arab), tetapi ada tiga di Afrika (Aljazair, Libya, Nigeria), dua tempat lain (Indonesia dan Venezuela). Ada negara-negara pengekspor besar lainnya (Meksiko, Norwegia, Inggris), yang bukan anggota OPEC.
INTEGRASI EKONOMI (empat bentuk Integrasi Ekonomi Yang Utama)
1)    Wilayah Perdagangan Bebas (Free Trade Area_FTA). Tarif memang dihapuskan di antara FTA, tetapi masing-masing negara anggota mempertahankan tarif eksternalnya sendiri. Bagaimanapun juga, pembatasan masih tetap ada atas pergerakan jasa (seperti akuntansi, asuransi, jasa hukum) orang-orang (tenaga kerja), dan modal di dalam FTA itu. NAFTA merupakan contoh dari suatu FTA.
2)    Custom Union. Tidak ada tarif antar negara-negara di dalam perserikatan kepabean (custom union).
3)    Pasar Bersama (Common Market). Pasar bersama adalah suatu custo union ditambah penghapusan pembatasan atas mobilitas jasa, orang-orang, dan modal di antara negara-negara anggota.
4)    Integrasi Ekonomi Penuh (complete economic integration). Ini melibatkan suatu derajat ekonomi dan politik yang tinggi ketika negara-negara anggota menyerahkan unsur-unsur penting tertentu di kedaulatan mereka. 

I.        Uni Eropa (European Union-EU)
Suatu kesatuan supranasional dari 15 negara Eropa yang didedikasikan untuk integrasi politik dan ekonomi Eropa. Entitas supranatural berarti merupakan pemerintah regional. Untuk bergabung dengan Uni Eropa, Negara-negara anggota memberikan sejumlah sejumlah kedaulatann mereka kepada Uni Eropa. Kelima belas Negara tersebut adalah : 1) Austria, 2) Belgia, 3) Denmark, 4) Finlandia, 5) Jerman, 6) Yunani, 7) Irlandia, 8) Italia, 9) Luxemburg, 10) Belanda, 11)Portugis, 12) Spanyol, 13) Swedia, 14) Perancis, 15) Inggris

Kelembagaan Uni Eropa
Ada empat lembaga utama Uni Eropa, yang melaksanakan fungsi serupa dengan apa yang dilakukan oleh suatu pemerintah nasional yaitu

1.    Komisi Eropa
Intsitusi yang menyelaraskan operasi sehari-hari Uni Eropa
2.    Dewan Menteri
Institusi yang bertugas sebagai pengambil kebijakkan utama Uni Eropa
3.    Parlemen Uni Eropa
Institusi Uni Eropa yang beranggotakan perwakilan yang terpilih oleh rakyat dari Negara anggota
4.    Pengadilan Eropa
Pengadilan yang didirikan untuk memutuskan masalah-masalah terkait dengan implementasi kebijakan uni Eropa

            Perserikatan Moneter Eropa
Setiap pelaku bisnis yang melakukan usaha di Uni Eropa harus berhadapan dengan Perserikatan Moneter Eropa dengan ciptaannya yang peling mencolok adalah mata uang Euro.

II.        Perhimpunan Negara-negara Asia Tenggara (Association oF SouthEast Asian Nation_ASEAN)
Asean yang dibentuk pada tahun 1967 adalah salah satu kawasan yang paling dinamis dan berkembang paling cepat di dunia. Secara bersama-sama anggota-anggotanya__Brunai, Kamboja, Indonesia, Malaysia, Myanmar (dahulu Burma), Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam__adalah mitra dagang utama Amerika Serikat. Tujuan ASEAN adalah untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan perdamaian di kawasan itu.
III.        Asosiasi Perdagangan bebas Eropa (European Free Trade Association_EFTA)
Asosiasi Perdagangan Bebas Eropa (EFTA), yang didirikan tahun 1960 sebagai reaksi terhadap Uni Eropa, terdiri dari banyak negara Eropa yang bukan anggota Uni Eropa. Negara-negara EFTA ingin menstimulasi perdagangan antar diri mereka sendiri dan memungkinkan tawar menawar dengan Uni Eropa sebagai suatu organisasi ketimbang sebagai negara-negara individu. Ketika negara-negara EFTA mengamati kemajuan Uni Eropa kearah unifikasi, mereka menyadari bahwa suatu kekuatan Eropa yang potensial kuat sedang terbentuk. Mereka takut tidak terlibat di dalamnya dan bereaksi dengan cara berbeda. Banyak yang dahulu anggota EFTA kini menjadi negara Uni Eropa.
            Anggota-anggota EFTA yang asli adalah Australia, Denmark, Norwegia, Portugal, Swedia,Swiss, dan Inggris. Anggota-anggota EFTA yang sekarang adalah Islandia, Liechtenstein, Norwegia, dan Swiss.
IV.        Persetujuan Perdagangan Bebas Amerika Utara
Persetujuan yang membentuk wilayah perdagangan bebas yang terdiri dari Kanada, Meksiko, dan Amerika Serikat.
V.        Persetujuan Perdagangan Bebas Amerika Utara (NAFTA)
Persetujuan Perdagangan Bebas Amerika Utara (North American Free Trade Agreement_NAFTA), yang menciptakan suatu perdagangan bebas antara Kanada, Meksiko, dan Amerika Serikat, berdiri pada tanggal 1 Januari 1994. NAFTA bukanlah suatu organisasi, tetapi merupakan perjanjian dagang. Yang dimaksudkan untuk memudahkan perdagangan di antara negara-negara NAFTA. Dengan demikian, NAFTA tidak beroperasi sebagai kesatuan terpisah, tetapi menjadi bagian dari hukum nasional dari tiap negara. Sementara NAFTA menciptakan beberapa lembaga untuk implementasi bagian-bagian persetujuan tertentu, Ia tidak menciptakan kesatuan gaya Uni Eropa dan tidak mendirikan pemerintah regional macam apa pun.
VI.        Organisasi Negara-negara Amerika (OAS)
Organisasi Negara Amerika (Organization of American States_OAS) adalah sebuah organsiasi negara-negara di belahan bumi barat yang didedikasikan untuk meningkatkan kerja sama di kawasan itu. OAS yang di bentuk pada tahun 1948 dengan Amerika Serikat sebagai salah satu di antara 21 negara-negara pendiri. Anggota asli yang lain adalah Argentina, Bolavia, Brasil, Cili, Kolombia, Kosta Rika, Kuba, Republik Dominika, Ekuador, El Salvador, Guatemala, Haiti, Honduras, Meksiko, Nikaragua, Panama, Paraguay, Peru, Uruguay, dan Venezuela. Meskipun Kuba adalah anggota OAS, pada tahun 1962 OAS mengeluarkan pemerintah Kuba dari keikutsertaannya dalam kegiatan. Asal mula OAS, kembali ke tahun 1890, ketika konferensi internasional yang pertama Negara-negara Amerika, yang diadakan di Wasington DC, mendirikan perserikatan internasional Republik-republik Amerika (International Union of American Republics). OAS telah diperluas dengan memasukkan negara-negara lain di belahan bumi dan sekarang memiliki 35 anggota. Ke-14 anggota tambahan dan tahun-tahun penerimaan mereka adalah Barbados (1967), Trinidad dan Tobago (1967), Jamaika (1969), Grenada (1975), Suriname (1977), Dominika (1979), Saint Lucia (1979), Antigua dan Barbuda (1981), Saint Vincent dan Granadines (1981), Bahama (1982), St. Kitts dan Nevis (1984), Kanada (1990), Belize (1991), dan Guyana (1991). OAS berkantor pusat di Washington DC. Informasi tentang OAS dapat di cari pada situs Web-nya, www.oas.org.
VII.        Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC)
Untuk merespons semakin pentingnya perekonomian negara-negara lingkaran Pasifik, Kerja sama Ekonomi Asia-Pasifik (Asia-Pasifik Economic Cooperation_APEC) telah didirikan pada tahun 1989. Sekarang ia bertindak sebagai wahana regional untuk meningkatkan perdagangan terbuka dan kerja sama ekonomi praktis. Dewasa ini, APEC mencakup semua perekonomian utama di kawasan itu. Amerika Serikat adalah salah satu di antara 2 anggota yang ada sekarang. Informasi tentang APEC dapat di temukan pada situs Web-nya,www.apec.org.


VIII.        Mercosur – Mercosul

Merupakan singkatan dari Common Market of the South (Pasar Bersama Selatan). Mercosur merupakan Daerah perdagangan bebas ekonomi yang terdiri atas Argentina, Brasil, Paraguay dan Uruguay.

0 comments:

Post a Comment

 

Welcome Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review